Anatomi iklan beserta Analisa Iklan Media Cetak dan SWOTnya

Anatomi Iklan adalah bagian - bagian iklan yang terdapat unsur - unsur utama dan fungsi dari masing - masing istilah sebagai berikut :

1. Headline atau judul yang tentu harus ada kaitannya dengan bodycopy.

2. Visual , ilustrasi, gambar atau foto orang atau apa pun yang berkaitan dengan konsep kreatif atau produk itu sendiri.

3. Bodycopy atau teks yang memberikan informasi lebih rinci tentang produk atas jasa yang dijual.

4. Product shot atau foto produk yang menampilkan nama merk. Product shot bisa berupa main visual atau ilustrasi utama.

5. Baseline yang biasanya terletak paling bawah di layout iklan. Di bagian ini bisa dimasukka tagline, slogan, catch phrase, atau nama dan alamat perusahaan pengiklan.

6. Kupon yaitu pengiklan menginginkan response langsung dari sasaran atau untuk kepentingan survey konsumen dengan pencantuman kode tertentu.

7. Flash yaitu misalnya perkataan “Baru”, “Harga Diturunkan” dan sebagainya yang ditulis dalam bentuk grafis tertentu unutk mendapat perhatian khusus konsumen.

Pengertian SWOT

SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

Pengertian Media Cetak

Media cetak adalah sebuah media yg menyampaikan informasi secara tertulis yg memiliki manfaat buat masyarakat atau buat kepentingan rakyat banyak

contoh :

1) koran
2) majalah
3) tabloid
4) brosur
5) pamflet
6) poster
7) buletin
8) Ebook
9) Surat kabar mingguan
10) majalah mingguan
dll

Analisa Anatomi Media Cetak



SWOT dari Produk Diatas :


1. Strengths (Kekuatan)

- Desain bagus karena tampil dengan konsep futuristik

- Service support yang mendukung pelanggan dan mudah ditemukan

- Harga terjangkau untuk berbagai segmen


2. Weaknesses (Kelemahan)

- Kualitas casing tidak begitu tangguh

- Daya tahan terbilang rendah


3. Opportunities (Peluang)

- Perkembangan Gadget/Teknologi yang semakin berkembang

- Pengguna Teknologi yang semakin bertambah seiring perkembangan jaman



4. Threats (Ancaman)

- Persaingan produk dari Perusahaan lain

- Peminat produk yang tidak selalu membeli dalam satu pihak

Comments

Popular Posts